Diagnosis Kanker Payudara pada Pria yang Terlambat Bisa Berakibat Fatal

Kerabat muda, kanker payudara umumnya dialami oleh para wanita dan jarang terjadi pada pria. Tapi karena tidak sering dicurigai ada pada pria, diagnosis sering muncul setelah tumor mulai menyebar ke seluruh tubuh. Di Amerika, penelitian terbaru menunjukkan kira-kira setengah dari pria dengan kanker payudara menerima diagnosis setelah kanker menyebar. Diagnosis yang terlambat dapat mematikan.

Sebab secara keseluruhan, kelangsungan hidup lima tahun dengan kanker payudara pria yang didiagnosis lebih awal hampir 99 persen, tetapi kemudian turun menjadi sekitar 26 persen untuk pria yang tumornya telah menyebar ke tempat “jauh” setelah diagnosis. Dilansir dari Medical Xpress, hampir satu dari setiap 10 kasus kanker payudara pria (8,7 persen) didiagnosis pada stadium lanjut, tim peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menemukan.

Studi baru pun mendorong dokter perawatan primer untuk menanyai pria tentang benjolan payudara dan riwayat keluarga dengan kanker payudara. Namun setelah penelitian, kanker payudara pria tetap jarang: Menurut CDC, sekitar 2.300 kasus, atau hanya 1 persen dari total beban kanker payudara di Amerika Serikat, terjadi pada pria.

 

Source : Suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *