Search

CSR Unimma FM Kerjasama BMT Bima : 50 Paket Sembako Untuk Dhuafa dan Warga Terdampak Covid 19

Senin, 12 Mei 2020 BMT Bima bekerjasama dengan radio unimma FM telah mentasyarufkan 50 paket sembako program Ramadhan 1441H di Desa Daleman kidul Pakis Kabupaten Magelang.Program ini adalah kerjasama di tahun ke 2 yang merupakan salah satu program coorporate Social Responsibility (CSR) Unimma FM yaitu konsep perusahaan yang memiliki berbagai bentuk tanggung jawab sosial kepada warga tertentu, seperti Dhuafa sekaligus warga terdampak Covid 19.

Kesan yang berbeda pada pentasyarufan tahun ini dibanding tahun yang lalu tentu lebih terasa karena selain momen Ramadhan yang memang bulan penuh keberkahan juga bersamaan masa Pandemi Covid 19 yang berdampak pada semua sektor kehidupan yang telah mengubah perilaku kehidupan kita.Akibat dari situasi Covid tersebut tentu dampaknya menjadi luar biasa dari sisi ekonomi misalnya, tadinya kekurangan menjadi lebih kekurangan lagi dan yang tadinya bekerja berpenghasilan karena sikon tersebut menjadi di PHK yang menjadikan daftar baru orang yang tidak berpenghasilan dan atau golongan orang miskin baru. Tentu saja keadaan tersebut menjadi sangat sulit untuk terus bertahan dimasa ini.

Disaat situasi dirasakan semakin sulit tersebut , menggugah kesadaran kita semua untuk membantu meringankan beban mereka dengan program yang langsung dirasakan manfaatnya. Bertolak dari hal tersebut BMT Bima meresponnya dengan program tahunan disetiap bulan Ramadhan yaitu rangkaian program khusus Semarak Ramadhan,
Yaitu Berbagi menu buka puasa sejumlah 15.000/paket , Tebar 3.500 paket sembako, Kado Da’i Muhlis sejumlah 50 paket,Alat pelindung diri /APD untuk melawan Covid 19 dengan donasi 100.000 paket.

Dan khusus untuk Paket Sembako bagi kaum Dhuafa tahun ini diperluas hingga warga terdampak Covid 19 dengan target 3500 paket sembako. ” Sudah 85 % jumlah yang terkumpul sampai hari ini, dan kita optimis target tersebut akan tercapai karena donatur masih terus masuk, biasanya hingga akhir ramadhan nanti” , Hal tersebut diungkapkan Bapak Salman Alfarisi M.Ag Koordinator Baitul Maal BMT Bima.

Pentasyarufan langsung yang dilakukan di Daleman kidul Pakis ini dilaksanakan bersamaan dengan turunnya hujan yang lebat sehingga sedikit terhambat , setelah hujan mereda , kami langsung menyisir ke rumah warga yang berhak menerima. Setelah sebelumnya penyerahan secara simbolis dilakukan oleh koordinator BMT Bima dan ditrimakan oleh Kadus Daleman kidul Pakis dan Ketua Takmir Masjid setempat.
Mrt Bapak Edi yang sekaligus Kadus didaerah tersebut menyatakan ” Trima kasih, sembako ini sangat bermanfaat bagi warga dimasa Covid ini, karena hasil pertanian pun harga jualnya anjlok tidak bisa terserap pasar luar daerah dikarenakan permintaan pasar yang menurun dratis “.

Kenyataan yang terjadi tersebut , tentu tidak jauh berbeda dengan daerah lain di Magelang bahkan di Indonesia saaat ini, Bahkan menurut para pakar ekonomi, diramalkan untuk pemulihan ekonomi akan diprediksi lebih dari 1 tahun agar pulih kembali seperti sebelumnya. Untuk itu, maka diperlukan strategi khusus agar masyarakat mampu bertahan disituasi yang serba terbatas ini.

Terkait dengan itu , BMT Bima mempunyai program khusus pendampingan untuk meningkatkan ekonomi warga dengan memperdayakan potensi lokal yang sudah dijalankan beberapa waktu yang lalu,
Program Pendampingan atau Mku yaitu Membina keluarga utama semacam komunitas usaha dibidang pertanian dan perikanan dengan pilot projects didaerah Srumbung , Tempel dan daerah lainnya. Program ini digadang- gadang akan terus dikembangkan bahkan ” sampai pasca Covid 19 berakhir kami akan terus melaksanakan program ini karena sebelum pandemipun program MKU sudah berjalan, tentu saja karena sangat bermanfaat bagi masyarakat”. hal tersebut dijelaskan Bapak Salman menutup wawancara kami sore itu.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *