Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng: Synergy & Harmony Perlombaan Lari yang Membangun Sinergi Bersama untuk Menemukan Keharmonisan dalam Keberagaman

Magelang, 16 November 2019 – Yayasan Borobudur Marathon dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, bekerja sama dengan Harian Kompas, yang didukung oleh Bank Jateng mempersembahkan Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng. Melalui tema “Synergy and Harmony” Borobudur Marathon 2019 Powered Bank Jateng mengajak seluruh pihak yang terlibat; yaitu sponsor, penyelenggara, peserta, dan masyarakat lokal untuk bersinergi dalam menciptakan keselarasan. Tidak hanya sinergi dan selaras namun juga menjadi satu dalam rasa, pikiran dan tujuan (Manunggaling Rasa, Cipta lan Karsa) untuk meningkatkan nilai pariwisata dan ekonomi Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Magelang.

Berbeda dari tahun sebelumnya, untuk memastikan semua orang memiliki kesempatan mendapatkan slot peserta di Borobudur Marathon 2019, pendaftaran ini dibuka dalam sistem ballot dimana terdt 17.029 pendaftar dan 8.000 yang lolos.

Tahun ini, Pengambilan Paket Lomba menggunakan sistem validasi identitas. Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan pelayanan dan penanganan yang akurat kepada peserta lomba, terutama pada saat terjadi keadaan darurat.

Tiga kategori Borobudur Marathon yaitu Marathon dengan jarak 42,195 kilometer, Half Marathon 21,097 kilometer, dan 10K dengan jarak 10 kilometer dengan total hadiah 2,7 Milyar rupiah. Selain itu, Borobudur Marathon 2019 menggelar Friendship Run yang merupakan acara lari yang menempuh jarak 3.1 kilometer dengan rute di sekitar kawasan situs budaya Candi Pawon. Dilaksankan sabtu 16 november 2019 dengan peserta 2000 runner yang berasal dari VIP, Perwakilan sekolah, universitas, Masyarakat sekitar dan dari unsur lainnya menyatu berlari menimati keindahan alam sekitar rute Candi Pawon dengan terus mengabadikan momen larinya bersama keramahan Masyarakat sepanjang rute, kemudian diakhir finis para runner sudah disambut meriahnya gamelan soreng dan jajanan dan kuliner khass Magelangan.

Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik untuk pelari, maka banyak hal yang baru yang dipersembahkan untuk acara tahun ini yaitu Borobudur Marathon Radio, Race Expo dan Pasar Harmoni.

Dalam rangka lebih dekat dengan seluruh pelari di Indonesia, Borobudur Marathon 2019 Powered Bank Jateng telah melaksanakan program The Tour  di berbagai kota di Indonesia seperti Malang, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan, Jakarta, Solo, Kudus, Blitar, Cirebon dan Purwokerto. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pelari tentang persiapan yang terbaik untuk berlari di sebuah perlombaan. Konten edukasi ini diluncurkan sebagai Borobudur Marathon Radio supaya bisa dibagikan kepada masyarakat yang lebih luas.

Race Expo sebuah aktivitas unik yang dimiliki pada tahun ini untuk memberikan pengalaman dan layanan terbaik untuk pelari pada saat mengambil paket lomba. Terdapat 23 tenant yang berpartisipasi mulai dari e-commerce, travel, beverages, beauty, sport, dan gimmick lifestyle yang bisa didapatkan bagi pelari, seperti program talk show yang memberikan edukasi dunia lari bersama praktisi yang berpengalaman.

Salah satu aspek baru dan menarik pada penyelenggaraan Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng adalah rangkaian program Pawone Borobudur Marathon 2019. Program ini merupakan sebuah wujud nyata sinergi dan harmoni antara pelari, warga masyarakat, dan seluruh orang yang terlibat; agar berlari tidak hanya sekedar melintasi. Borobudur Marathon percaya bahwa acara ini tidak boleh hanya menjadi sebuah Sport Tourism Destination, tetapi harus menjadi penggerak ekosistem sosial yang progresif yang menyatukan semua orang yang terlibat terutama masyarakat lokal, agar terjadi sebuah pengalaman yang tidak terlupakan bagi siapapun yang datang pada acara Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng.

Pawone Borobudur Marathon 2019 dibagi menjadi tiga program besar, yaitu Mbangun Cerita, Mbangun Wisata dan Mbangun Pasar. Mbangun Cerita merupakan wadah bertukar cerita antara warga masyarakat di sekitaran Candi Borobudur dengan penyelenggara Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng, agar pengalaman acara yang dihasilkan dapat dirasakan secara utuh oleh semua orang yang terlibat. Program Mbangun Cerita dituangkan ke dalam acara yang lekat dengan nilai khazanah lokal; yaitu tumpengan bersama warga yang dilaksanakan pada Agustus 2019, Festival Sinergi & Harmoni yang diselenggarakan pada November 2019, dan Fun Run; acara lari yang dikhususkan untuk warga lokal di sekitaran Candi borobudur yang akan dilaksanakan pada Januari 2020.

Mbangun Pasar merupakan proses membangun “Pasar Harmoni”, sebuah pasar hasil karya warga lokal di sekitaran Candi Borobudur yang menyajikan sajian makanan dan minuman khas Magelang. Didukung penuh oleh Bank Jateng, Pasar Harmoni dibentuk melalui kolaborasi antara warga lokal, penyelenggara Borobudur Marathon, dan hotel-hotel di sekitaran Candi Borobudur. Warga lokal yang memiliki niat untuk membangun usaha kuliner diseleksi, dipilih, dan dilatih oleh juru masak eksekutif yang berasal dari Grand Artos Hotel & Convention, Plataran Heritage Borobudur Hotel & Convention Center, Hotel Puri Asri, dan Villa Borobudur Resort.  Mbangun Wisata adalah rangkaian program pelatihan dan pengembangan terhadap para pelaku pariwisata di kawasan Candi Borobudur yang memiliki misi untuk membantu mengembangkan ekosistem pariwisata yang memiliki khazanah lokal dan berdaya saing internasional.

“Kami sangat senang adanya program ini, dimana memiliki serangkaian aktivitas berbasis pengembangan masyarakat yang bertujuan memberikan nilai tambah terhadap perkembangan ekonomi di Magelang dengan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal penambahan nilai jual produk atau jasa” ujar Supriyatno, Direktur Utama Bank Jateng.

Budiman Tanuredjo selaku Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas mengucapkan terima kasih kepada seluruh kolaborator yang memiliki tujuan sama dalam membentuk nyata sinergi dan harmoni kepada masyarakat Kota Magelang dan menjadi pariwisata unggulan di Indonesia juga membawa nilai positif juga sektor ekonomi kepada masyarakat di kota Magelang.

Sinoeng Nugroho Rachmadi, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga memaparkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan acara lari ini untuk seterusnya supaya acara ini tetap menjadi program wisata unggulan wilayah Jawa Tengah dengan mengangkat nilai budaya lokal yang dikemas dengan program-program yang sangat kreatif.

Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An menyatakan bahwa kolaborasi antara para stakeholder dalam mewujudkan Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng berjalan dengan sangat baik. Liem turut mengajak pihak-pihak lain yang selama ini belum pernah berpartisipasi untuk bergabung pada penyelenggaraan Borobudur Marathon di tahun-tahun mendatang, supaya Borobudur Marathon dapat berkembang menjadi lebih baik lagi.

 Brand Ambassador Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng, Sigi Wimala, mengungkapkan bahwa Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng ini, bukan sekedar perlombaan marathon saja namun ada hal yang berbeda dari tahun sebelumnya seperti experience pada pengambilan Race Pack Collection.

“Menurut saya berlari di Borobudur tentunya berbeda dengan di lokasi lainnya. Mulai dari cuaca, hal yang paling krusial, kemudian suasana di kota yang menjadi lokasi lari. Saya sungguh nggak sabar untuk kembali berlari di Borobudur. Dan tidak lupa juga hal menariknya adalah mengangkat nilai-nilai budaya lokal yang bisa dilihat oleh semua orang” ungkap Sigi Wimala.