Bmt Bima KSPPS Paling Sehat Di Kab. Magelang

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Bina Insan Mulia (KSPPS BMT BIMA), pada hari Sabtu, 07 Maret 2020 menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke XXIV Tahun Buku 2019 di Hotel Atria Magelang dengan dihadiri dan dibuka oleh Bapak Rully Nuryanto, SE, M.Si selaku Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI dari Jakarta. Acara dilanjutkan dengan kegiatan Gebyar Promo yang merupakan program pemberian tali asih tanpa diundi kepada anggota penyimpan yang memiliki simpanan minimal 5 juta dan mengendap minimal 1 tahun.

Rully menyatakan keyakinannya berdasarkan ” laporan keuangan pertanggungjawaban pengurus, semua menunjukkan perkembangan yang positif, Asset, omset, SHU sisa hasil usaha bahkan jumlah uang yang beredar meningkat , dan ini menunjukkan perkembangan yang baik, sehingga perkembangan anggota akan bertambah.”

Terkait dengan tema Rat kali ini yaitu ” Digitalisasi Transaksi untuk Meraih Prestasi” optimisme Deputi Kelembagaan Koperasi RI ditunjukkan pada penyataannya ” Terdapat dua manfaat ketika mengadopsi teknologi informasi ini, satu lebih efisien, ke dua bisa menjangkau target atau sasaran yang lebih luas, misal Rat anggota ribuan, belasan bahkan puluhan ribu tentu dengan teknologi informasi tidak harus kumpul disatu tempat, bisa menjangkau kesemua wilayah, terkomunikasikan dalam waktu bersamaan, termasuk dalam usaha simpan pinjam untuk bisa meningkatkan kwalitas pelayanan kepada anggota.”

Selain pemberian tali asih gebyar promo, juga dilakukan penyerahan sebagian bagi hasil dari program Simpanan Berjangka Inovatif (SBI) berupa 1 unit sepeda motor Honda Vario 150. SBI merupakan simpanan berjangka waktu 2 tahun yang sebagian bagi hasilnya dapat diterima di awal investasi.

Ketua KSPPS BMT BIMA, Abdul Hadi Nashir menyampaikan, diusia yang ke 25 tahun ini, BMT Bima telah meraih asset per Desember 2019 sebesar Rp. 141.381.154.123,- (seratus empat puluh satu milyar tiga ratus delapan puluh satu juta seratus lima puluh empat ribu seratus dua puluh tiga rupiah) dan menyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan dengan sistem syariah (berdasarkan revolving fund) sebesar Rp. 639.644.521.979,-(enam ratus tiga puluh sembilan milyar enam ratus empat puluh empat juta lima ratus dua puluh satu ribu sembilan ratus tujuh puluh sembilan rupiah) kepada anggota untuk berbagai sektor usaha yang tergolong usaha mikro, kecil dan menengah. Disetiap akhir tahunnya, BMT BIMA juga selalu diaudit oleh auditor eksternal.

Selain aktifitas yang bersifat profit oriented, BMT Bima juga bergerak di bidang sosial melalui Baitul Maal Bima dengan menghimpun dana zakat, infaq dan shodaqoh dari masyarakat untuk disalurkan ke berbagai aktifitas seperti pembiayaan kebajikan (Qordhul hasan) untuk dhuafa, beasiswa, aksi tanggap bencana, khitanan massal, ambulance murah dan pemberdayaan anggota untuk peningkatan ekonomi.

Rat selain dihadiri anggota Bmt Bima beberapa pejabat publik dari kabupaten Magelang maupun kota Magelang hadir pada kesempatan tersebut seperti Kepala dinas perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang Bapak Catur Budi Sumarmo M.M dalam sambutannya mengapresiasi positif dan mengucapkan ” Selamat atas pencapaian KSPPS Bmt Bima yang selalu kuat dari tahun ke tahun , tidak hanya pada sektor pembiayaan usaha, tetapi juga jenis pelayanan lainnya kepada anggota ” masih menurut Mantan Kadiskomista kota Magelang tersebut , beliu juga berpesan ” Bmt Bima harus memberdayakan usaha anggota dengan pengelolan yang harus sesuai fungsi koperasi , yang harus dijadikan dasar paling penting untuk ditaati, konsisten dan profesional “. Masih menurutnya ” Bmt Bima juga diharapkan ikut berpartisipasi aktif pada kegiatan perkoperasian dan kegiatan dibidang lainnya di kota Magelang” serta himbauan kepada pengurus terkait ” penambahan karyawan baru yang diharapkan melibatkan Sdm berasal dari Kota Magelang ” menutup sambutannya.

Untuk meningkatkan pelayanan RAT BMT BIMA tahun ini juga mensosialisasikan program digital BIMA seperti : BIMA Online, BIMA Payment, adalah salah satu upaya untuk menjawab kebutuhan pasar demografi penduduk yang berasal dari milenial atau kaum muda yang jumlahnya sangat besar.
” Dengan karakter anak muda yang menyukai komunitas , maka koperasi adalah bentuk komunitas yang paling ideal untuk memenuhi segala kebutuhan gaya hidupnya, Sehingga koperasi tidak lagi berkesan jadul. Karena koperasi mampu mengikuti perkembangan zaman” Rully .

Pada kesemoatan yang sama di sosialisasikan juga BIMA Mobile serta BIMA Collector sebagai upaya untuk mempermudah anggota dalam melakukan transaksi di BMT BIMA juga kembali disampaikan kepada para anggota Rat.

Tahun ini RAT , juga melaunching program baru diantaranya BMT BIMA Penyedia Riyal dimana BMT BIMA menyediakan penukaran uang Riyal kepada anggota yang membutuhkan. Selain itu juga dilaunching program Gerobag Cinta Sedekah yang dikelola oleh Baitul Maal BIMA dimana melalui program ini umat muslim diajak untuk bersedekah melalui gerobak yang disediakan oleh Baitul Maal Bima di masjid-masjid tertentu yang berisi sedekah makanan / minuman untuk jamaah sholat Jum’at.
.
Ketika diminta tanggapan tentang virus Corona kaitan dengan perannya Bmt Bima sebagai lembaga keuangan, Rully menyatakan ” Saya ingin berpandangan optimis karena corona mempengaruhi aliran barang masuk , termasuk dari luar, justru ini peluang bagi Umkm dan koperasi ini untuk mampu mengisi kekosongan pasar tersebut”.

Senada dengan pernyataan Deputi kemenkop RI tentang Corona , Abdul Hadi Nasir, menyatakan kesiapan Bmt Bima untuk menangkap peluang tersebut ” Bahkan jauh sebelum terjadi corona, kami telah melakukan itu, jadi ada anggota kami kesulitan mendapatkan barang dari luar , kemudian kami menjembatani ketersedian barang yang dicari tersebut, dan kemudian barang tersebut terpenuhi oleh anggota kami yang lain”.

Maka dengan berbagai fasilitas dan program yang terus dikembangkan, diharapkan BMT BIMA semakin dapat meningkatkan pelayanan serta perannya dalam mengemban amanah dan mengembangkan ekonomi ummat.
.
By. Rinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *