Berlokasi dekat Malioboro, Inilah Rekomendasi Kuliner Khas Yogyakarta Untuk Sarapan

Jogja terkenal sebagai surganya tempat berburu kuliner tradisional yang mulai jarang ditemui. Ada beragam pilihan kuliner enak di Jogja khususnya untuk sarapan di kawasan Malioboro. Aneka pilihan kuliner enak di Jogja untuk menu sarapan bisa kamu nikmati mulai dari pecel senggol yang terkenal di kawasan Beringharjo hingga Soto Ayam 61. Berikut beragam pilihan menu makanan legendaris di Yogyakarta yang bisa kerabat muda jadikan menu sarapan:

  1. Pecel Senggol Beringharjo

Lokasinya berada di depan Pasar Beringharjo, kamu bisa langsung menemukan warung makan yang bertuliskan Pecel Senggol Beringharjo. Nama ‘senggol’ dari pecel ini karena tempat berjualan pecel di sini sangat sempit. Sehingga, banyak pelanggan yang harus mengantre dan bersenggolan satu dengan yang lain. Namun jangan kuatir dengan rasa yang ditawarkan, sajian pecel dengan beragam sayuran yang dipadukan dengan sambal kacang di sini tidak akan mengecewakan. Selain itu, ada beragam pilihan lauk yang bisa jadi santap sarapan pecelmu. Pilihan lauk-pauk yang yang bisa kamu nikmati di sini seperti aneka gorengan, tempe dan tahu bacem, sate usus, sate telur puyuh dan masih banyak lagi.

  1. Gudeg Yu Djum

Menu makanan Gudeg Yu Djum sudah dikenal sebagai kuliner legendaris yang terkenal di Yogyakarta. Lokasinya pun tidak jauh dari Malioboro, yakni di Jalan Wijilan No 31 Panembahan, Kota Yogyakarta. Karena cita rasa Gudeg Yu Djum yang enak, bahkan sajian menu ini tidak hanya dijadukan menu sarapan tetapi juga kerap jadi oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Harga satu porsi gudeg ini cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 25.000 – Rp 35.000.

  1. Gado-Gado Bu Hadi

Pilihan sarapan enak di sekitar Malioboro lainnya adalah Gado-gado Bu Hadi yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Selain cita rasanya yang enak, harganya juga cukup bersahabat dengan kantong. Kedai Gado-gado Bu Hadi ini dikenal sebagai satu kuliner legendaris karena sudah ada sejak 50 tahun yang lalu, kini dikelola oleh generasi ketiganya. Lokasi Gado-gado Bu Hadi ada di lantai dua Pasar Beringharjo, di ujung jalan Malioboro. Harga yang ditawarkan Rp 17.000 per porsi.

  1. Gudeg Yu Narni

Selain Gudeg Yu Djum, sajian gudeg lain yang bisa kamu nikmati saat berada di sekitar Malioboro adalah Gudeg Yu Narni. Lokasinya berada di Jalan Margo Utomo, Jalan Kb. Dalem, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka dari pukul 06.00 hingga 22.00 WIB, kamu bisa mengunjunginya dipagi hari untuk sarapan.

  1. Soto Lenthok Pak Gareng

Sarapan soto enak di sekitar Malioboro? kamu bisa menikmati kuliner Soto Lenthok Pak Gareng yang berada di depan Stasiun Kereta Api Tugu Yogyakartan. Soto Lenthok Pak Gareng berlokasi di Jalan P. Mangkubumi, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat makan ini buka sejak pukul 06.00 hingga 15.00 WIB. Di sana kamu bisa menikmati satu porsi soto ayam kampung dengan kuah yang sedap dan tentunya gurih dengabn beragam lauk yang membuat sotonya semakin nikmat.

  1. Soto Ayam 61

Saat menjelajah Malioboro di pagi hari jangan lupa mampir dan mencicipi sajian Soto Ayam 61 yang sudah ada sejak tahun 1976. Sudah berdiri sejak lama, namun cita rasa soto ayam di sini masih terjaga kualitasnya. Kamu bisa menikmati kuah kaldu ayam yang menggoda dengan nasi dan tambahan suwiran daging ayam, dan mi putih. Soto Ayam 61 ini berada di Jalan Margo Mulyo No.61, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Soto Ayam 61 buka setiap hari sejak pukul 06.00 hingga 16.30 WIB.

Sumber: tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *