Beberapa Jenis Migrain dan Gejalanya

Kerabat muda, migrain adalah kondisi neurologis yang bisa jauh lebih buruk daripada sakit kepala yang parah. Ada banyak jenis migrain dan masing-masing dapat menyebabkan gejala yang berbeda.Berikut beberapa jenis migrain dan cara mengetahui jenis migrain yang Anda alami

1. Migrain dengan aura
Seiring dengan sakit kepala migrain biasa, beberapa orang dengan migrain mengalami “fase aura” sebelum atau selama migrain mereka. Saat Anda memiliki aura, Anda mungkin melihat kilatan cahaya atau garis berwarna cerah di seluruh penglihatan Anda, atau Anda mungkin merasakan sensasi seperti kesemutan di tubuh Anda.

Para ahli tidak tahu persis apa yang menyebabkan migrain aura, tetapi aura kemungkinan besar terjadi ketika sel-sel di permukaan otak Anda diaktifkan secara tidak normal. Ketika ini terjadi, Charles Flippen, seorang profesor neurologi di University of California, Los Angeles, mengatakan bahwa itu memicu perubahan aliran darah ke area otak Anda yang mengontrol penglihatan dan sentuhan.

2. Migrain tanpa aura
Jika Anda mengalami migrain tanpa aura, Anda memiliki gejala migrain yang biasa seperti sakit kepala parah tanpa gejala visual yang datang dengan aura. Migrain juga dapat menyebabkan mual, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya dan suara.

Para ahli masih belum sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan migrain, tetapi menurut Flippen migrain sebagian disebabkan oleh genetika Anda. Migrain juga dapat dikaitkan dengan perubahan pada batang otak Anda, bagian dari otak Anda yang terhubung ke saraf trigeminal, yang bertindak sebagai jalur nyeri utama di tubuh Anda.

3. Migrain hemiplegia
Migrain hemiplegia adalah jenis migrain langka dengan aura yang menyebabkan kelemahan pada otot Anda sebelum atau selama sakit kepala migrain.

“Kelemahan mungkin melibatkan lengan, kaki, dan wajah di satu sisi tubuh,” kata Flippen.

Migrain hemiplegia hanya menyerang satu sisi tubuh Anda pada satu waktu, tetapi gejalanya dapat berpindah sisi selama serangan migrain. Flippen menjelaskan bahwa penderita migrain hemiplegia mungkin juga merasa bingung, bicara cadel, atau kesulitan mengeluarkan kata-kata selama migrain. Migrain hemiplegia cenderung diturunkan dalam keluarga dan para ahli telah mengaitkannya dengan variasi gen tertentu. Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi beberapa ilmuwan percaya bahwa migrain hemiplegia mungkin disebabkan oleh sel saraf yang terlalu aktif di otak Anda.

4. Migrain kronis
Orang dengan migrain kronis mengalami sakit kepala setidaknya 15 hari setiap bulan, dan setidaknya delapan dari sakit kepala ini adalah migrain. Migrain kronis cenderung berkembang dari waktu ke waktu, dengan jumlah sakit kepala yang terus meningkat.

Migrain kronis dapat berkembang jika Anda terlalu sering menggunakan obat yang digunakan untuk mengobati migrain. Ini dapat mencakup obat resep seperti barbiturat atau opioid serta obat antiinflamasi nonsteroid yang dijual bebas seperti ibuprofen.

Source : cnnindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *