Bajingan, Kuliner Manis Khas Temanggung

Temanggung merupakan salah satu daerah dingin di Jawa Tengah yang diapit oleh dua gunung yakni Gunung Sindoro dan Sumbing. Selain terkenal dengan daerah penghasil kopi dan tembakau, ternyata Temanggung memiliki aneka kuliner yang enggak kalah unik dari daerah lain.

Jawa Tengah memang terkenal dengan aneka kudapan yang memiliki rasa manis dan juga gurih, seperti itulah rasa yang muncul ketika kamu menyantap si bajingan.  Kuliner bajingan adalah kudapan yang berasal dari singkong khusus. Cara memasaknya pun harus direbus dengan campuran gula merah dan santan. Alhasil, cita rasanya akan manis, sedikit gurih, dan pulen ketika digigit.

Tak main-main, bahan yang digunakan juga singkong sawah, bukan berasal dari ladang atau kebun. Demi mendapatkan kudapan yang enak dibutuhkan singkong bertekstur empuk.  Kuliner tradisional bajingan tidak akan enak jika bahan singkong terlalu tua maupun muda. Itulah yang membedakan kuliner ini dengan kolak, biji salak, atau singkong rebus lainnya, harus pas!

Meskipun terkesan sedikit ngegas dengan nama bajingan, ternyata kudapan sederhana yang viral ini menjadi favorit masyarakat. Bagaimana tidak, ternyata nama ini memiliki kisah tersendiri yang patut dibanggakan. Bajingan adalah nama lain dari sopir gerobak sapi di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Biasanya hidangan manis nan gurih ini disajikan saat perayaan khusus yang dihadiri oleh para sopir sapi di Temanggung.

Kini, resep bajingan sudah bisa dibuat sendiri di rumah tanpa harus mendatangi acara perkumpulan tersebut. Alhasil, banyak warga yang menjadikan bajingan sebagai salah satu menu untuk takjil ketika bulan puasa. Bajingan ini memang terasa lebih nikmat dan legit jika disantap dalam keadaan hangat, tentunya ketika pagi dan sore menjelang. Banyak orang yang percaya jika masyarakat Temanggung menyantap ini, suasana hati mereka akan menjadi bahagia.

Nah, buat kerabat muda yang penasaran dengan kuliner singkong yang asli, bajingan bisa ditemukan di Pasar Kliwon Temanggung atau Pasar Papringan. Dengan harga di bawah Rp 10 ribu, kamu sudah bisa menikmati seporsi bajingan manis khas Temanggung. Enggak ada salahnya juga kamu melanjutkan plesiran dan mencari kudapan lain yang ada di daerah dingin ini, kan?

Source: kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *