Atasi Masalah Jerawat Dengan Minuman Herbal

Kerabat muda, jerawat terkadang membuat anda menjadi tidak percaya diri ya. Namun ada minuman herbal yang bisa mengatasi masalah jerawat.

1. Teh matcha

Minuman yang satu ini kaya dengan antioksidan. Salah satunya epigallocatechin gallate (EGCG) yang membantu melawan oksidasi sebum sebelum jerawat terbentuk. Antioksidan pada teh matcha 137 kali lebih banyak dibanding teh hijau biasa. Oleh karenanya rutin minum teh matcha dapat membantu mengurangi tanda-tanda peradangan dari dalam ke luar.

2. Teh kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang telat terbukti memberikan banyak manfaat karena sifat anti-inflamasi, antivirus, antioksidan, dan antijamur. Dalam Ayurveda, kurkumin digunakan sebagai pengobatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit serta kondisi internal dan eksternal tubuh. Menambahkan satu sendok teh kunyit bubuk ke air panas untuk diminum dapat memberikan manfaat penyembuhan jerawat.

3. Susu kefir

Kesehatan usus sangat terkait dengan kesehatan kulit. Inilah alasannya mengonsumsi minuman yang kaya akan probiotik juga penting untuk kulit. Probiotik dapat membantu menangkal bakteri jahat dan mengurangi peradangan. Protein laktoferin yang ada di kefir memberikan kekuatan ekstra untuk melawan masalah di kulit. Dalam suatu penelitian, peserta yang minum susu fermentasi dengan 200 miligram laktoferin setiap hari mengalami penurunan lesi peradangan jerawat hampir 39 persen. Hasil itu didapatkan setelah peserta rutin minum susu fermentasi selama 12 minggu.

4. Teh spearmint

Dermatolog sekaligus pendiri Epionce Skincare Dr. Carl Thornfeldt mengatakan, minum dua cangkir teh spearmint organik setiap hari dapat membantu mengurangi lesi peradangan jerawat. Penurunannya mencapai 25 persen apabila teh spearmint rutin diminum selama sebulan. Namun jika teh masih diminum sampai tiga bulan, penurunannya mencapai 51 persen setelah tiga bulan. Dengan fakta tersebut dapat ditarik kesimpulan minum teh spearmint mungkin saja lebih efektif daripada pengobatan jerawat pada umumnya.

 

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *