Akibat Gunakan Teh untuk Kecantikan Kulit

Teh bisa memberi kita begitu banyak manfaat untuk kesehatan termasuk kecantikan luar dan dalam. Namun, tahukah kamu bahwa teh juga bagus untuk kulit? Untuk melihat manfaatnya dari teh, kamu bisa meminumnya, atau mengoleskan langsung pada kulit baik menggunakan kantong teh maupun mengambil ekstraknya.

Tak hanya efek menenangkan dan enak saat diminum, ekstrak teh juga bisa kamu manfaatkan untuk DIY skincare rutin kamu di rumah. Cari tahu khasiatnya dengan menggunakan berbagai macam teh, dan ini yang akan terjadi jika kamu menggunakan teh untuk kulit!

1. Kulit terlihat bersinar dan tampak sehat

Green tea diisi dengan antioksidan, vitamin, dan mineral. Selain itu, teh hijau juga membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi racun dalam tubuh kamu.

Jadi, efek ini akan mendorong kulit kamu jadi tampak lebih bercahaya! Jadi, siapkan matcha dan minumlah segeralah atau kamu bisa juga gunakan bubuk matcha sebagai masker wajah untuk mendapatkan kebaikan manfaat pada kulit kamu.

2. Menenangkan kemerahan dan iritasi

Berkat sifat anti peradangannya, menekan kantong teh dingin atau mencelupkan bola kapas ke dalam teh chamomile dapat memenangkan kulit dari gigitan serangga yang gatal atau kulit yang baru saja dicukur.

Selain itu teh chamomile juga terkenal untuk menyembuhkan kondisi kulit seperti eksim, meningkatkan relaksasi, dan tidur menjadi lebih nyenyak. Luar biasa, kan?

3. Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam

Jangan buru-buru membuang earl grey tea kamu. Kandungan kafein di dalamnya membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan menyamarkan kegelapan di sekitar area mata. Gunakan kantong tea dan letakan di area bawah mata, tunggu hingga beberapa menit!

5. Menghidrasi kulit

Selain memberi kamu perasaan hangat, teh juga bisa bantu meregenerasi sel dan mengencangkan pori-pori, serta berikan hasil kulit tampak lebih kenyal dan bernutrisi.

6. Menghambat bakteri dan bantu kendalikan jerawat

Menggunakan ramuan dari peppermint tea, tak hanya membantu lebih dari sekedar menghangatkan perut yang sakit, namun kandungan mentol di dalam peppermint menjadikan teh ini pilihan tepat untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak.

Teh ini berkhasiat bantu memperlambat produksi minyak dan mendorong pergantian sel. Selain itu, juga memiliki antioksidan kuat yang bantu menghambat bakteri yang dapat mencegah munculnya jerawat.

7. Melindungi dari sinar UV

Suka pergi ke pantai atau aktivitas outdoor? Maka jangan lupa untuk membawa beberapa kantong black tea. Meminumnya akan bantu melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari langsung. Namun, bukan berarti juga kamu harus berhenti menggunakan sunscreen, ya!

8. Mengatasi sunburn

Jika kamu masih berakhir dengan sunburn, jangan khawatir! Gunakan handuk yang sudah direndam dalam teh chamomile hangat, kemudian terapkan ke daerah sunburn untuk efek menenangkan pada kulit dan mengurangi rasa sakit.

Source: cosmopolitan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *