Aisyiyah Adakan Gebyar Kesehatan Reproduksi Remaja

Digelar oleh Aisyiyah kab Mgl yang menggandeng Pimpinan Daerah Ipm kab Mgl, Rabu 29 januari 2019 di Komplek perguruan Muh smk Muh Borobudur. Dibuka oleh ketua PD Asyiyah kab Mgl Ibu Nidaul Khasanah , Selain seminar dengan narasumber Rizna Fauzia Bidan Klinik Pratama BKIA Asyiyah Mungkid, juga diadakan lomba media kreasi kespro atau kesehatan reproduksi remaja dengan jenis yang dilombakan adalah lomba video grafis, info grafis, aplikasi androit , poster, buku cerita, clemek kespro, dan edutainment menarik lainnya tingkat Slta se Kab Mgl.

Hari ini sedang berlangsung Seminar bertema remaja hebat dan gaul peduli kesehatan reproduksi. Diikuti sekitar 200 an peserta dari perwakilan sltp dan slta baik sekolah Muhammadiyah maupun dari sekolah Negri di Kab Mgl. Hadir juga tamu undangan dari Dinkes kab. Mgl, Dinsos Kab. Magelang ,Fikes Ummgl dan pimpinan cabang Aisyiyah Kab.Mgl.

Acara ini dihelat karena kesadaran tentang kespro remaja masih dianggap tabu dalam masyarakat kita, bahkan bagi orangtua dan pendidikpun mengalami kesulitan untuk menyampaikan pemahaman yang benar tentang kesehatan reproduksi remaja.

Diharapakan acara ini, menjadi pintu edukasi yang efektif sehingga peserta seminar dan lomba kespro ini, nantinya akan menjadi agen informasi tentang kesadaran kespro kepada teman-temannya.
.
Direncanakan kedepan, sosialisasi semacam ini akan diperdalam lagi dengan metode tertentu agar berkelanjutan dan terukur sehingga remaja menjadi tau dan paham pentingnya kespro dari sumber yang benar dan sesuai dengan ajaran Agama Islam. Karena remaja yang menjadi penerus masa depan bangsa benar-benar akan menjadi remaja yang hebat gaul yang peduli dengan kesehatan reproduksi.

Mrt Ketua Pimpinan daerah Aisyiyah ibu Nidaul Khasanah ,” Tujuan dari Gebyar kesehatan reproduksi remaja ini adalah untuk meningkatkan kepedulian kesehatan reprodusi remaja khususnya pelajar slta dan Slta se kab Mgl , serta menyediakan alat peraga kesehatan reproduksi yang nantinya akan digunakan untk sosialisasi di lingkungan sekolah, organisasi sekolah, serta masyarakat umumnya, serta menumbuhkan kreativitas remaja tentang kesehatan reproduksi”.
.
Senada dengan PD Aisyiyah kab Mgl. ketua Ipm PD kab Mgl mengatakan bahwa ” membicarakan kesehatan reproduksi itu masih tabu , sehingga kita tidak paham kespro yang sehat dan benar sehingga menimbulkan penyakit-penyakit yang mematikan yang akan menjadi penyesalan.”

Ketika ditanyakan tentang harapan dari acara ini, Ketua Ipm menambahkan ” agar bisa membantu teman-teman memahami tentang kesehatan reproduksi , sehingga peserta yang hadir disini akan menjadi agen informasi untuk penyebarluaskan tentang manfaat kespro kepada teman2 yang lainnya.”

 

 

-Rinta Zahra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *