Search

Agar Olahan Daging Ayam Lembut, Lakukan 4 Tips Ini

Memasak daging ayam yang lembut membutuhkan teknik ekstra. Daging ayam yang lembut dan mudah dimakan perlu dimasak dengan cara yang tepat.

Daging ayam yang lembut ditandai dengan tidak sulit dipotong, mudah dikunyah, dan rasa yang daging yang nikmat.

Daging ayam yang lembut dan lunak bisa didapatkan melalui persiapan sebelum memasak serta ketepatan saat memasak.

Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membuat daging ayam menjadi lembut.

1. Marinasi

Proses marinasi dapat membuat daging ayam menjadi lembut saat dimasak. Marinasi dapat dilakukan dengan yogurt ataupun buttermilk. Yogurt mengandung enzim dan asam yang dapat memecah protein dalam daging ayam sehingga membuat ayam menjadi lunak.

Rendam daging ayam ke dalam yogurt selama 30 menit hingga satu jam. Lalu masak ayam. Marinasi dapat dilakukan pada berbagai jenis ayam dan berbagai proses memasak.

2. Menggunakan pelembut daging

Menggunakan alat pelembut daging juga bisa dilakukan untuk membuat daging ayam lebih lunak. Alat pelembut daging berbentuk seperti palu dari metal ataupun kayu yang digunakan dengan cara memukulkan alat ke daging untuk memecah protein.

Letakkan daging ayam segar di dalam plastik lalu pukul dengan alat pelembut daging hingga tipis, sesuai selera untuk mendapatkan daging yang lembut.

Jika tak punya pelembut daging, Anda dapat mencoba melembutkan daging dengan benda lainnya seperti bagian bawah gelas dan batu giling

3. Bumbui ayam

Membumbui ayam dengan tepat bisa membuat ayam menjadi lebih lembut. Dikutip dari The Kitchn, untuk mendapatkan ayam yang lembut, bumbui ayam dengan banyak garam dan merica lalu biarkan meresap.

Dapat pula menambahkan bumbu lainnya agar cita rasa ayam semakin kaya.

4. Masak dengan tepat

Hindari memasak daging ayam terlalu lama karena dapat membuat daging ayam menjadi keras dan kehilangan kelembutan. Selalu periksa daging ayam saat terlihat sudah matang dan siap untuk diangkat.

Dapat pula mencoba dengan cara memasak daging ayam dengan pelan dan api sedang. Memasak dengan pelan dapat memecah protein dengan sendirinya sehingga membuat daging ayam lebih lembut. Cara ini juga membuat daging ayam lebih berair atau juicy.

Source: cnnindonesia.com




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *