Candi Pawon Tingkatkan Perekonomian Warga

Potensi wisata di Kawasan Borobudur mampu memberikan nilai lebih kepada penduduk setempat. Termasuk dari sisi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya bagi warga Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur. Kendati tidak berada di pusat keramaian wisata, atau di Candi Borobudur. Namun keberadaan Candi Pawon di Dusun Brojonalan sudah cukup mampu memberikan pengaruh kesejahteraan warga sekitar.

Salah satu pedagang suvenir oleh-oleh dan kerajinan cinderamata di Candi Pawon, Muryati, mengaku terbantu dengan keberadaan Candi Pawon.

“Sudah dagang di sini 30 tahun lebih. Meski tidak setenar Candi Borobudur tapi selalu ada wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang dan berbelanja di Candi Pawon,” ungkap Muryati.

Selain pedagang suvenir kerajinan, di Dusun Brojonalan saat ini juga tumbuh subur homestay atau rumah singgah yang dikelola oleh warga setempat.

Ketua Pemuda Dusun Brojonalan, Zulfa Sodik, menuturkan, sekitar lima tahun lalu hanya ada satu homestay. Saat ini sudah tumbuh 10 homestay milik warga.

Menurutnya, hal ini cukup mendongkrak perekonomian warga Dusun Brojonalan, yang kini turut membuka dan mengelola homestay sendiri.

“Adanya Candi Pawon juga mampu memberikan daya tarik terhadap wisatawan. Dimana mayoritas penyewa home stay akan berkunjung ke Candi Borobudur, tetapi mereka juga menyempatkan melihat Candi Pawon,” kata Zulfa.

 

 

Source: beritamagelang

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *