5 Resep Oalahan Sehat dari Daun Kelor

Dunia tak selebar daun kelor. Mungkin itu hanya peribahasa. Tapi tahukah Anda kalau daun kelor yang berukuran kecil ini bisa dijadikan bahan makanan?

Tanaman kelor (Moringa oleifera) merupakan tanaman asli daerah India, Pakistan, Bangladesh dan Afghanistan. Tanaman ini tumbuh subur di daerah tropis sehingga Anda juga bisa dengan mudah menanamnya di rumah.

Tak hanya sekadar jadi pohon peneduh, kelor memiliki aneka manfaat mulai dari mengontrol gula darah, melindungi organ hati, mencegah peradangan juga melancarkan pencernaan.

Akan tetapi daun ini ternyata masih cukup asing, tak banyak yang tahu bahwa daun kelor bisa dijadikan olahan sebagai menu harian.

Berikut beberapa ide olahan kelor mulai dari teh hingga guacamole.

1. Teh daun kelor

Manfaatkan daun kelor sebagai sajian teh. Anda bisa menggunakan dua cara yakni menggunakan daun kelor segar atau daun kelor yang sudah dikeringkan.

Melansir dari NDTV, jika Anda menggunakan daun kelor segar, cukup siapkan sejumput daun, cuci bersih dan rebus. Setelah beberapa menit, saring air rebusan dan nikmati sebagai teh.

Sementara itu, untuk daun kelor kering, terlebih dahulu segenggam daun dijemur hingga kering kecokelatan. Daun kering kemudian ditumbuk, baru diseduh dengan air panas.

Teh kelor bisa langsung dinikmati atau tambahkan lemon dan madu untuk menambah citarasa dan manfaat.

2. Smoothie daun kelor

Bosan dengan smoothie yang biasa Anda buat? Coba saja racikan smoothie berbahan dasar daun kelor. Cukup siapkan daun kelor segar, potongan nanas, mangga dan pisang, blender dan smoothie segar siap diminum.

Jika tidak biasa dengan smoothie, Anda bisa menyisipkan daun kelor ke dalam jus sayur. Gunakan sedikit saja agar tidak mengacaukan rasa racikan jus Anda.

3. Sup daun kelor

Tak hanya jadi minuman, daun kelor bisa Anda jadikan olahan sup. Cara pengolahannya seperti Anda mengolah cup seperti biasa, tetapi daun kelor sebaiknya masuk jelang sup matang. Daun tidak memerlukan waktu lama untuk matang dan siap disantap.

Selain sup, di Indonesia dikenal sayur bening. Sayur dengan kuah bening segar dengan bumbu bawang putih dan garam ini terbilang praktis. Jika biasanya bayam yang jadi andalan, untuk kali ini coba gunakan daun kelor. Rasanya tak akan jauh berbeda dan masih terasa segar disantap.

4. Scrambled egg daun kelor

Telur orak-arik alias scrambled egg jadi semacam ‘comfort food’ yang mudah diolah. Menyisipkan daun kelor bakal membuatnya makin bernutrisi.

Mengutip dari Huffington Post, Anda bisa menambahkan daun kelor dengan cara kukus atau rebus daun terlebih dahulu. Kemudian campur dengan kocokan telur baru goreng.

Cacahan sosis bakal membuat olahan telur makin nikmat.
campur telur dengan daun kelor agar rasanya makin nikmat

5. Guacamole daun kelor

Sama-sama hijau, Anda bisa ‘mengawinkan’ daun kelor dan alpukat. Guacamole paling sederhana dibuat dari alpukat tumbuk dan sedikit garam. Dari resep praktis ini, cukup tambahkan daun kelor yang sudah dirajang halus.

Source: cnnidnonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *