Search

5 Makanan yang Paling Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ penting karena berperan dalam penglihatan manusia. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan mata. Ada beberapa vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata, yakni vitamin A, beta-karoten, E, C serta vitamin B. Vitamin-vitamin dapat mendukung fungsi kornea, melawan radikal bebas, membantu mata untuk melihat dalam kondisi cahaya rendah serta melindungi mata dari kerusakan oksidatif.

Sebuah studi yang berjudul The Age-Related Eye Disease yang diterbitkan pada tahun 2001 bahkan menemukan bahwa nutrisi tertentu, seperti seng, tembaga, vitamin C, vitamin E dan beta-karoten, dapat mengurangi risiko penurunan kesehatan mata sebesar 25 persen.

Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata:

1. Ikan

Ikan memiliki banyak minyak dalam tubuhnya, terutama pada bagian usus dan jaringan tubuh mereka.

Minyak ikan ini kaya akan sumber asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi mata, termasuk mengembalikkan kondisi mata kering, termasuk yang disebabkan karena menatap layar komputer terlalu lama.

Jenis-jenis ikan yang direkomendasikan, misalnya tuna, salmon, trout, kembung, sarden, teri dan haring.

2. Kacang-kacangan

Kacang juga kaya akan asam lemak omega-3, dan vitamin E yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat usia.

Kacang-kacangan yang baik untuk mata adalah kenari, brasil, mete, tanah dan lentil.

3. Daging Sapi
Daging sapi kaya akan seng yang bermanfaat untuk membantu menunda hilangnya penglihatan terkait usia dan degenerasi makula. Daging seperti dada ayam dan pinggang babi juga mengandung seng, tetapi lebih rendah daripada daging sapi.

4. Wortel
Wortel berperan penting dalam penglihatatan. Selain karena mengandung vitamin A, wortel juga mengandung beta-karoten yang memberi warna oranye pada wortel dan membantu tubuh kita menyerap vitamin A. Dalam proteinnya juga terkandung komponen yang disebut rhodopsin. Rhodopsin inilah yang membantu retina dalam menyerap cahaya. Baca juga: Menurut Sains, Mengapa Sulit Melakukan Kontak Mata saat Berbicara?
5. Sayuran hijau berdaun
Sayuran hijau berdaun kaya akan lutein dan zeaxanthin yang juga merupakan sumber vitamin C yang baik pada mata. Beberapa sayuran hijau yang dapat dikonsumsi adalah bayam, kale dan collard.

Di luar makanan, hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah:
– Menggunakan kacamata hitam ketika berada di luar ruangan, karena paparan sinar matahari secara langsung pada mata dapat menyebabkan katarak.
– Mencuci tangan sebelum memasang lensa kontak
– Berhenti merokok
– Melindungi mata dari ketegangan mata akibat komputer. Anda bisa mencoba metode 20, yaitu dengan memalingkan wajah Anda setiap 20 menit ke suatu benda yang berjarak 20 kaki (sekitar enam meter) dari Anda selama 20 detik.

 

 

Source: kompas




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *