Talkshow BPJS: Fitur Baru Aplikasi Mobile JKN, Yuk Install!

Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, sebagian besar masyarakat kesulitan dalam memperoleh fasilitas kesehatan. Salah satu penyebabnya adalah adanya imbauan pemerintah untuk saling menjaga jarak. Momen yang tepat ini dimanfaatkan untuk meluncurkan fitur baru aplikasi faskes oleh BPJS Kesehatan sebagai fasilitas tambahan di aplikasi Mobile JKN.

Menurut Wimbu, staff SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan cabang Magelang dalam acara talkshow Radio Unimma FM (Rabu, 08/07), peserta KIS memperoleh 5 kemudahan dalam menggunakan aplikasi tersebut.
“Yang pertama kemudahan mengubah dan mendaftar data kepesertaan, yang kedua kemudahan untuk mengetahui data peserta dan keluarga, yang ketiga kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran untuk peserta mandiri, yang keempat kemudahan mendapatkan pelayanan difasilitas kesehatan, yang kelima kemudahan penyampaian pengaduan dan informasi seputar JKN KIS.”, ucap Wimbu

Saat ini, aplikasi Mobile JKN terdapat versi terbaru yang tentunya memiliki fitur baru yaitu fitur Faskes. Melalui aplikasi ini, diharapkan masyarakat tidak lagi perlu antre dan keluar rumah untuk konsultasi dokter , untuk pendaftaran periksa di faskes serta lainnya. Pada aplikasi mobile JKN sendiri sudah terdapat 14 fitur. Fitur tersebut adalah informasi kepesertaan, ubah data peserta, premi, pendaftaran pelayanan, pendaftaran auto debit, catatan pembayaran, skrinning, pengaduan keluhan pelayanan, riwayat pelayanan, lokasi dan cek VA.

Fitur Faskes dalam aplikasi Mobile JKN yaitu menu skrinning dan konsultasi dokter. Skrinning berfungsi sebagai deteksi dini penyakit. Dalam menu tersebut ada 4 deteksi penyakit yaitu hipertensi, diabetes militus, ginjal kronis dan penyakit jantung. Menurut Danang Staff penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Magelang, ” Peserta KIS dapat melakukan skrinning secara mandiri di rumah. Kemudian ada menu konsultasi dokter di mana masyarakat dapat berkonsultasi dengan dokter secara online, sehingga peserta tidak perlu keluar rumah.”

Ketika ditanyakan mengenai keamanan data peserta yang menggunakan aplikasi Mobile JKN. Masih menurut Danang Staff Penjaminan Manfaat Primer.” keamanan dan kerahasiaan data peserta sepenuhnya terjaga”. Masih menurut Danang “Chat konsultasi dokter dengan aplikasi ini insyallah lebih rahasia karena masuk ke server kami. Yang hanya bisa mengakes adalah dokter dan peserta sendiri yang melakukan konsultasi.” masih menurut Danang ketika menjawab pertanyaan dari aplikasi WhatsApp dari pendengar diacara Talkshow tersebut ” Dan Jaminan yang menjawab konsultasi pasien dikolom chat dokter adalah dokter yang dituju bukan adminnya, sesuai dengan jadwal on line dokter tersebut.”

Aplikasi JKN Faskes, dapat diunduh melalui Playstore. Setelah terunduh nanti akan diminta registrasi terlebih dahulu. Data yang diperlukan ketika registrasi yaitu KTP, KIS, email, dan kata sandi akun. Jika sudah, anda dapat log in dan memanfaatkan fitur-fitur yang telah tersedia.

Segera unduh aplikasi mobile JKN dan nikmati kemudahan layanannya. Tinggal klik dari rumah, Dari ganti faskes, ubah data kepesertaan, melihat tagihan iuran, antrean elektronik di FKTP, melihat ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, konsultasi dokter tinggal klik, mengetahui informasi mengenai JKN-KIS hingga melakukan skrinning Mandiri Covid 19, melalui aplikasi Mobile JKN semua dalam gengaman.

Penulis: Fadhillah Nur Farida (PBSI Untidar)
Editor: Rinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *